#

logo
SELAMAT DATANG DI PORTAL RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE.       MOTTO KAMI "DISIPLIN DALAM BEKERJA, PRIMA DALAM PELAYANAN".      VISI KAMI "TERWUJUDNYA PENGADILAN AGAMA MAJENE YANG AGUNG".      

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE

Website ini adalah portal resmi milik Pengadilan Agama Majene yang berisikan informasi dan berita kegiatan seputar Pengadilan Agama Majene.
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE

KAWASAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

KAWASAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

Whistle Blower System

Awasi Dengan SIWAS

Jika anda menemukan dugaan pelanggaran "kode etik" di lingkungan Pengadilan Agama Majene.


Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Awasi Dengan SIWAS

SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA

Cari Tahu Status Perkara Anda

Layanan untuk menelusuri status penanganan suatu perkara pada Pengadilan Agama Majene.
Cari Tahu Status Perkara Anda

E-COURT

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
E-COURT

Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan

Hati-hati terhadap tindakan penipuan yang mengatas-namakan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada umumnya maupun Pengadilan Agama Majene.
Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan
Data Tanggal 23/10/2020 = 404 Perkara

Sejarah dan Dasar Hukum

Gedung PA-Majene

Jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, sistem peradilan Islam di Indonesia sudah lama berjalan bahkan dapat dikatakan seusia dengan masuknya Islam di Indonesia terutama untuk pelaksanaan syari'at Islam menyangkut ibadah, muamalah, kewarisan termasuk perkawinan dan perceraian.

Pada kerajaan-kerajaan yang termasuk wilayah Pitu Ulunna Salu Pitu Ba'bana Binanga, setiap raja (Mara'dia sebutan Mandar) didampingi oleh seorang ahli agama yang bertugas memberi petunjuk di bidang keagamaan kepada masyarakat dengan gelar Kadhi (Puangkali sebutan Mandar), tugas-tugas kekadhian tersebut masih terus berjalan hingga terbentuk dan berjalannya secara efektif Pengadilan Agama, termasuk di Kabupaten Majene.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1957, tentang Pembentukan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah di luar Jawa-Madura, maka pembentukan dan realisasi di daerah Sulawesi Selatan dimulai pada tahun 1958 dan akhirnya Pengadilan Agama Majene pertama kali berdiri dan berkantor di Gedung Assamalewuang Majene pada Tahun 1964, kemudian pada Tahun 1977 melakukan aktivitas dan berkantor di Kolong Rumah Warga Indo Sumang. Pada Tahun 1979, Pengadilan Agama Majene secara resmi mempunyai bangunan sendiri sebagai balai sidang, yang merupakan gedung lama Pengadilan Agama Majene, saat ini dijadikan Gedung Mess Pengadilan Agama Majene, berada di Samping Kantor Polres Kab. Majene. Dan terakhir pada Tahun 2012 telah berdiri Gedung Kantor Baru yang letaknya sekitar ± 300 meter dari gedung lama.

Adapun daftar nama-nama Ketua Pengadilan Agama Majene mulai dari awal berdirinya hingga sekarang :

1. K.H. Muh. Saleh (Tahun 1964)


2. Drs. Abd. Rahman Laupe (Tahun 1972)


3. Drs. H. A. Patawari P, S.H. (Tahun 1986)


4. Drs. Bahrussam Yunus, S.H. (Tahun 1992)


5. Drs. Sudirman (Tahun 1997)


6. Drs. H. A. Umar Najamuddin, M.H. (Tahun 2005)


7. Drs. H. Muhadin, S.H. (Tahun 2009-2012)


8. Drs. Ansaruddin (Plt. Ketua Tahun 2012-2014)


9. Munawar, S.H., M.H. (Tahun 2014 - 2018)

10. Dewiati, S.H., M.H. (Tahun 2018 - sekarang)

 

KLIK DI SINI UNTUK INFORMASI PEGAWAI PENGADILAN AGAMA MAJENE SAAT INI.