logo

Pencarian

SELAMAT DATANG DI PORTAL RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE.       MOTTO KAMI "DISIPLIN DALAM BEKERJA, PRIMA DALAM PELAYANAN".      VISI KAMI "TERWUJUDNYA PENGADILAN AGAMA MAJENE YANG AGUNG".      

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE

Website ini adalah portal resmi milik Pengadilan Agama Majene yang berisikan informasi dan berita kegiatan seputar Pengadilan Agama Majene.
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE

KAWASAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

KAWASAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG RI

8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI
8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG RI

Whistle Blower System

Awasi Dengan SIWAS

Jika anda menemukan dugaan pelanggaran "kode etik" di lingkungan Pengadilan Agama Majene.


Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Awasi Dengan SIWAS

SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA

Cari Tahu Status Perkara Anda

Layanan untuk menelusuri status penanganan suatu perkara pada Pengadilan Agama Majene.
Cari Tahu Status Perkara Anda

E-COURT

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
E-COURT

Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan

Hati-hati terhadap tindakan penipuan yang mengatas-namakan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada umumnya maupun Pengadilan Agama Majene.
Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Pengadilan Agama Majene
SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Survei Indeks Persepsi Korupsi Pengadilan Agama Majene

Survei Indeks Persepsi Korupsi Pengadilan Agama Majene
Sisa Perkara Tahun Lalu = 0 Perkara   |   Masuk = 168 Perkara   |   Putus = 152 Perkara   |   Dalam Proses = 16 Perkara

Diperbarui Tanggal 19/04/2024

BERANDA

Sosialisasi E-Court Pengadilan Agama Majene

Sosialisasi E-Court Pengadilan Agama Majene

ichal

Menindaklanjuti Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang pelaksanaan administrasi perkara secara elektronik (E-Court) di lingkungan Pengadilan,  Pengadilan Agama Majene melaksanakan sosialisasi  E-Court pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019, jam 09.00,bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Majene, acara dihadiri 3 orang advokat yaitu Dr. Thahir, S.H., M.H. Mustamin, S.H., dan Ikhsan, S.H. beserta seluruh pegawai Pengadilan Agama Mejene;

 

ichal

Mengawali acara sosialisasi setelah dibuka dan pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Majene Dewiati, S.H., M.H, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa manfaat E-Court sangat besar sekali dan sangat memudahkan masyarakat, khususnya advokat untuk memproses administrasi perkara di pengadilan karena pemberlakuan e-court ini masih terbatas hanya untuk para advokat. Disamping efisiensi waktu kehadiran e-court juga bisa mengurangi adanya kontak langsung antara para pihak dengan aparatur pengadilan;

ichal

ichal

Lebih lanjut menurut Dewiati, S.H., M.H. perempuan berdarah Mandar yang berhasil lulus test calon wakil Ketua Pengadilan kelas 1B ini menyampaikan bahwa kehadiran e-court merupakan pengejawantahan visi Mahkamah Agung yaitu “Terwujudnya badan peradilan yang agung” demikian pula dengan asas sederhana cepat dan biaya ringan akan terpenuhi. E-court di Pengadilan Agama Majene sudah aktif sejak akhir tahun 2018, namun karena kendala teknis acara sosialisasi e-court baru saja terlaksana. Dalam pelaksanaan e-court di Pengadilan Agama Majene sampai detik ini belum ada perkara yang teregister secara online hal ini disebabkan jumlah pengacara yang ada di Kabupaten Majene hanya 3 orang saja yang aktif ditambah lagi karena para pihak di Majene untuk beracara di Pengadilan Agama Majene hampir keseluruhan tidak memakai kuasa hukum, ini menjadi tantangan buat kami;

ichal

Diakhir sambutannya beliau menyampaikan mohon kerjasamanya kepada para advokat yang hadir kiranya bisa untuk menindak lanjuti hasil sosialisasi ini, dengan mendaftar perkara secara online;

Setelah menyampaikan sambutan, Dewiati, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Agama Majene membuka secara resmi acara Sosialisasi E-Court Pengadilan Agama Majene;

ichal

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi E-Court oleh Hasan, S.Ag., M.H dengan dibantu oleh Ridwan S.Kom mempresentasikan dan melakukan simulasi, dengan antusias advokat mendengarkan penjelasan demi penjelasan;

ichal

Dari pantauan tim IT PA Majene, acara berjalan dengan lancar dan aktif karena para advokat yang hadir langsung mensimulasikan e-court pada laptop yang telah dibawa;

ichal

Pada saat yang sama setelah acara sosialisasi e-court, tim IT PA Majene mewancarai salah satu pengacara yang hadir yaitu Dr. Thahir, S.H., M.H selaku ketua LBH Peduli Umat Sulawesi Barat. Dalam wawancara tersebut menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Majene adalah benar karena memang advokat yang aktif di Majene ini hanya kami bertiga disamping itu pula memang masayarakat masih minim menggunakan jasa advokat untuk beracara di Pengadilan Agama Majene, untuk itu saya selaku pengacara di Majene telah bersurat ke PERADI pusat untuk memohon pembentukan DPC PERADI Kabupaten Majene dengan dibentuknya PERADI di Majene saya yakin profesi advokat ini secara kuantitas akan bertambah, namun demikian kami mewakili advokat mengucapkan terimakasih kepada Pengadilan Agama Majene atas sosialisasi ini, ini sangat bermanfaat buat kami dan kegiatan e-court ini pertama kali saya ikuti sehingga menstimulasi kami untuk daftar perkara secara online.(@zy)

Galeri Kegiatan


Aplikasi Inovasi Karya Tim IT PA-Majene

Data Form Collaboration (DAFORA)

DaforaData Form Collaboration (DAFORA) adalah Aplikasi Perantara antar 4 (empat) Instansi di Kabupaten Majene, yaitu Pengadian Agama Majene, Kementerian Agama Kabupaten Majene (KUA Se-Kabupaten Majene), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Majene
Tujuan dari Data Form Collaboration (DAFORA):
- Mempermudah Pertukaran Data Antar Instansi
- Menjaga Agar Data Antar Instansi Tetap Terjaga (Data tidak terpublikasi ke publik dan tidak menggunakan pihak ketiga)
- Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat
Selanjutnya...

Aplikasi Blangko Tambahan (ABT)

ABTABT bertujuan agar administrasi suatu perkara dapat lebih cepat terselesaikan sehingga sejalan dengan program Layanan Informasi One Day Publish dan One Day Minutation oleh Mahkamah Agung RI.

Aplikasi ABT ini mulai dikembangkan oleh Pengadilan Agama Majene dari tahun 2017 dan saat ini sudah diambil alih oleh Badan Peradilan Agama untuk dipakai seluruh satker-satker Pengadilan Agama lainnya.

Anjungan Panjar Perkara

Anjungan Panjar Perkara Pengadilan Agama Majene adalah aplikasi yang diresmikan pada tanggal 26 Februari 2019 yang bertujuan agar masyarakat dapat menghitung sendiri Estimasi Panjar Biaya yang akan dibayar untuk berperkara di Pengadilan Agama Majene.

Anjungan ini merupakan hasil kerjasama dengan BRI Cabang Majene dalam membantu Pengadilan Agama Majene melayani masyarakat demi terciptanya transparansi biaya perkara.

Antrian Sidang dan PTSP

Antrian PA-MajeneAplikasi Antrian Sidang dan PTSP telah dikembangkan Pengadilan Agama Majene sejak Tahun 2014, bertujuan agar proses persidangan lebih tertib dan Layanan pada PTSP Pengadilan Agama Majene lebih teratur dan nyaman.

Saat ini Pengadilan Agama Majene telah mengembangkan Layanan Antrian Secara Online dimana selain pihak dapat registrasi antrian secara online, pihak juga dapat mengetahui suasana ruang tunggu dan keadaan antrian yang berjalan.

Sistem Informasi Persuratan Pengadilan (SIMPEL)

Aplikasi Persuratan PA-MajeneAplikasi SIMPEL merupakan Aplikasi penginputan agenda persuratan baik surat masuk dan keluar secara digital, sehingga jika ada surat masuk dan keluar cukup membuka aplikasi tersebut termasuk mendisposisi surat cukup melalui aplikasi tersebut sehingga memudahkan tanpa perlu surat tersebut diantarkan keruangan Ketua atau keruangan pegawai yang bersangkutan. Aplikasi ini dikembangkan Pengadilan Agama Majene sejak Tahun 2017.

Dokumen Elektronik SIPP Pengadilan Agama (DESPA)

DespaAplikasi DESPA bertujuan untuk mengatur dan memonitoring Dokumen Elektronik (E-doc) yang diunggah di Aplikasi Perkara SIPP. Dikembangkan oleh Pengadilan Agama Majene sejak tahun 2013. Jadi apabila E-doc suatu perkara berstatus lengkap, maka pencarian berkas perkara tersebut jadi lebih cepat dan mudah, tanpa membongkar ruang arsip perkara lagi, hal ini akan berdampak pula pada Pelayanan Permintaan Informasi suatu Perkara yang lebih efisien.

Sistem Informasi Pos Bantuan Hukum

Aplikasi Persuratan PA-MajeneAplikasi SIBAKUM berfungsi untuk membantu Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dalam pembuatan surat gugatan atau permohonan, dimana data dari SIBAKUM terintegrasi ke Aplikasi Internal Pengadilan Agama Majene sehingga memudahkan dalam proses pembuatan BAS dan Putusan.

Mulai dikembangkan oleh Pengadilan Agama Majene pada Bulan Oktober Tahun 2020.

Aplikasi Notifikasi Perkara (ATIKA) DAN SMS Gateway

Pengadilan Agama Majene sejak tahun 2015 telah mengembangkan Aplikasi Layanan SMS yang sampai saat ini masih sangat aktif dalam memberikan informasi dan notifikasi perkembangan suatu perkara kepada pihak yang sudah terdaftar dan sementara berperkara pada Pengadilan Agama Majene.

Untuk format layanan SMS Pengadilan Agama Majene, bisa membuka TAUTAN INI.