logo

Pencarian

SELAMAT DATANG DI PORTAL RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE.       MOTTO KAMI "DISIPLIN DALAM BEKERJA, PRIMA DALAM PELAYANAN".      VISI KAMI "TERWUJUDNYA PENGADILAN AGAMA MAJENE YANG AGUNG".      

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE

Website ini adalah portal resmi milik Pengadilan Agama Majene yang berisikan informasi dan berita kegiatan seputar Pengadilan Agama Majene.
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MAJENE

KAWASAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

KAWASAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG RI

8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI
8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG RI

Whistle Blower System

Awasi Dengan SIWAS

Jika anda menemukan dugaan pelanggaran "kode etik" di lingkungan Pengadilan Agama Majene.


Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Awasi Dengan SIWAS

SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA

Cari Tahu Status Perkara Anda

Layanan untuk menelusuri status penanganan suatu perkara pada Pengadilan Agama Majene.
Cari Tahu Status Perkara Anda

E-COURT

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
E-COURT

Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan

Hati-hati terhadap tindakan penipuan yang mengatas-namakan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada umumnya maupun Pengadilan Agama Majene.
Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Pengadilan Agama Majene
SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Survei Indeks Persepsi Korupsi Pengadilan Agama Majene

Survei Indeks Persepsi Korupsi Pengadilan Agama Majene
Sisa Perkara Tahun Lalu = 0 Perkara   |   Masuk = 168 Perkara   |   Putus = 152 Perkara   |   Dalam Proses = 16 Perkara

Diperbarui Tanggal 19/04/2024

BERANDA

Hasil Pemeriksaan Hatibinwasda PTA Makassar, langsung ditindaklanjuti oleh PA Majene

Pengadilan Tingkat Banding adalah kawal depan Mahkamah Agung RI untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Pengadilan Tingkat Pertama yang ada di wilayahnya.

Berkaitan dengan hal tersebut sesuai dengan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar tentang jadwal pelaksanaan Pembinaan Nomor : W20-A/393/PS.00/II/2019 tanggal 8 februari 2019, Pengadilan Tinggi Agama Makassar telah melaksanakan pengawasan dan pembinaan di Pengadilan Agama Majene pada hari Senin sampai dengan hari selasa  tanggal 25 s/d 26 tahun 2019. Tim pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Makassar yang datang ke PA Majene dipimpin Drs. H. Usman S, SH. MH, (Hatibinwasda/Ketua Tim) beranggotakan  Dra. Hasmawati Hf, M.H., dan Nur Rahma Baharuddin, S.SI beserta A. Muh. Rizal MS (sopir), Tim hatibinwasda disambut langsung oleh Dewiati, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Majene), para hakim  beserta pejabat fungsional dan  struktural PA Majene.

Pada sambutan pembukaannya, Ketua Tim Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Makassar memberikan apresiasi ke Pengadilan Agama Majene  atas pencapaiannya dibidang IT yang membawa nama harum PTA Makassar karena inovasi yang ada merupakan yang dicita-citakan oleh pimpinan di pusat, disamping itu kami melihat bahwa PA Majene menjadi peringkat pertama dalam raport SIPP pertanggal 22 Februari 2019 pada kategori 1-250 perkara di  wilayah kerja PTA Makassar.

Lebih lanjut beliau menyampaikan yang pada pokoknya pemeriksaan regular ini jangan diartikan sebagai ajang mencari kesalahan tapi lebih kepada untuk perbaikan kinerja Pengadilan Agama Majene di masa yang akan datang.
Acara pembukaan pembinaan diikuti oleh Ketua, Para Hakim, Panitera, sekretaris, pejabat fungsional dan struktural beserta seluruh karyawan /karyawati PA Majene.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan  pemeriksaan. Dengan tanpa beban masing-masing pejabat PA Majene melayani tim pemeriksa baik dari penyediaan data maupun dalam wawancara pendalaman sebuah data jika dimungkinkan perlunya pendalaman oleh tim pengawas;

Setelah satu hari memeriksa, tim Hatibinwasda melaksanakan ekspos hasil temuan pada hari  Selasa tanggal 26 Februari 2019.
Ekspos berlangsung  selama kurang  lebih 2 jam dimulai jam 13.00 wita, dalam penyampaian hasil temuan, ketua Tim Hatibinwasda menyampaikan beberapa catatan yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan terhadap kinerja yang telah dilaksanakan PA Majene, namun demikian secara keseluruhan Pengadilan Agama Majene Bagus, dan beliau mengingatkan predikat A Excellent yang telah diraih dalam SAPM jangan hanya dijadikan sebuah simbol melainkan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Tim Hatibinwasda PTA Makassar memberikan tenggang waktu (kontrak kerja) untuk memperbaiki hasil temuan sampai tanggal 5 Maret 2019.

Sebelum mengakhiri acara ekspos Dewiati, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Agama Majene menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Hatibinwasda PTA Makassar yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta petunjuk pada pengawasan kali ini sebagai bahan koreksi dan perbaikan untuk kedepannya, dan menyatakan siap untuk melaksanakan perbaikan dalam waktu yang telah  ditentukan yakni 5 Maret 2019 serta memohon maaf apabila ada yang kurang berkenan selama pemeriksaan ini mohon dimaafkan.

Acara ekspos diakhiri dengan penyerahan hasil temuan dari Ketua Tim Hatibinwasda kepada Ketua Pengadilan Agama Majene;

Launching Anjungan Perkara PA Majene

Masih di hari yang sama pada saat Tim Hatibinwasda PTA Makassar melaksanakan pemeriksaan pada tanggal 26 Februari 2019 Pengadilan Agama Majene melakukan Launching Anjungan perkara atas kerjasama antara Pengadilan Agama Majene dengan Bank BRI Cabang Majene bertempat di ruang tunggu Pengadilan Agama Majene.

Hadir pada acara tersebut Tim Hatibinwasda PTA Makassar, Ketua beserta seluruh karyawan/i PA Majene,  Asisten Manager Operasional BRI cabang Majene Untung Sihono, SE, Funding Officer BRI Cabang Majene Indra Syarief dan para pihak pencari keadilan.
Acara dimulai jam 09.00 wita diawali dengan Pembacaan Do'a oleh Ach. Zakiyuddin, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Majene).

Dewiati, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Majene dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BRI cabang Majene yang telah bekerjasama dan membantu Pengadilan Agama Majene dalam melayani masyarakat, yang mana BRI Cabang Majene memberikan hibah sebuah anjungan perkara yang tentunya sangat bermanfaat demi terciptanya transparansi PA Majene, karena dalam anjungan tersebut terdapat aplikasi hasil karya Ridwan S.Kom yang bisa membantu masyarakat dalam menghitung besaran jumlah panjar biaya perkara sendiri cukup dengan menulis alamat para pihak diseluruh  wilayah Indonesia sehingga ini bisa memutus mata rantai pungutan liar (pungli), dengan demikian transparansi akan terwujud sesuai komitmen yang telah kami ikrarkan pada tanggal 7 Februari  2019 dalam pencanangan pembangunan zona Integritas.

Asisten Manager Operasional BRI Cabang Majene, Untung Sihono, SE mendahului sambutannya dengan ucapan permohonan maaf atas nama Kepala BRI Cabang Majene tidak bisa hadir pada acara ini, namun demikian beliau menitipkan ucapan terimakasih kepada PA Majene yang telah percaya kepada BRI selama ini dalam pengelolaan gaji pegawainya.

Lebih lanjut beliau dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PA Majene yang telah memperkenalkan aplikasi baru untuk membantu masyarakat, Hibah ini merupakan kerjasama dan komunikasi antar pimpinan semoga kerjasama yang telah terjalin bisa terjalin dengan baik sehingga dapat bekerjasama dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Drs. Usman S, S.H., M.H selaku ketua Tim Hatibinwasda PTA Makassar dalam sambutannya menyampaikan “bagi kami pelayanan kepada masyarakat merupakan satu kewajiban mutlak yang tidak boleh tidak kita harus laksanakan dengan maksimal, mengingat perubahan ini sangatlah cepat sehingga pengadilan Agama haruslah senantiasa berbenah dan mampu menjawab problematika yang terjadi di masyarakat seperti halnya transparansi yang selalu didengungkan itu adalah prioritas kami dengan harapan para stake holder yang memakai layanan kami bisa mengetahui dan mampu mengakses semua informasi yang dibutuhkan seluas-luasnya. Pengadilan Agama Majene telah menjawab keinginan percepatan itu sendiri, dengan adanya alat yang baru saja diciptakan oleh Tim IT PA Majene yaitu aplikasi penaksir biaya perkara secara otomatis yang terkoneksi dengan seluruh pengadilan agama se-Indonesia, antrian PTSP dan antrian sidang, dengan adanya aplikasi ini pastinya transparansi terwujud secara nyata. Dan atas pencapaian ini Pengadilan Agama Majene layak mendapatkan reward dan akan kami teruskan pada pimpinan kami secara berjenjang”;

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pengenalan anjungan perkara, dengan dipandu oleh presenter Ach. Zakiyuddin, S.H., M.H. selaku humas PA Majene, acara berjalan dengan santai dan meriah dengan diawali perkenalan kreator aplikasi pada anjungan perkara yaitu saudara Ridwan H, S.Kom (honorer yang telah 11 tahun mengabdi), iwan begitu putra Mandar ini akrab disapa melakukan simulasi terhadap pemakaian anjungan perkara dan mendapatkan riuh tepuk tangan dari para peserta launching atas ide brilian menciptakan aplikasi;

Zaki selaku presenter menyampaikan bahwa aplikasi ini tidak serta merta langsung jadi tetapi melewati perjuangan yang panjang yaitu iwan kesehariannya menghabiskan waktunya hampir 24 jam di ruangan IT PA Majene, sehingga iwan bisa menghasilkan aplikasi yang dapat memutus mata rantai pungli karena aplikasi ini sangat membantu para pencari keadilan mendapatkan transparansi biaya perkara yang harus dibayarkan, langsung disambut dengan tepuk tangan dari para hadirin terutama para pencari keadilan;

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hibah antara BRI Cabang Majene selaku pemberi hibah kepada PA Majene;

Acara diakhiri dengan peresmian launching anjungan perkara oleh Drs. H. Usman S, S.H., M.H. selaku Hakim Tinggi PTA Makassar dan selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Majene, Ketua Tim Hatibinwasda PTA Makassar dan Asisten Manager Operasional BRI Cabang Majene melayani wawancara dengan media cetak maupun elektronik.

Rapat Tindak lanjut Hasil Temuan Hatibinwasda PTA Makassar

Sehari setelah pemeriksaan oleh Tim Hatibinwasda, PA Majene menggelar rapat (27/2) sebagai tindak lanjut hasil pemeriksaan, Ketua Pengadilan Agama Majene Dewiati, S.H., memimpin rapat dengan didampingi oleh Dra. Rosdiana dan Sekretaris Hasan, S.Ag., M.H.
Bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Majene, satu persatu hasil temuan dipaparkan dan langsung ditindaklanjuti oleh masing-masing bidang baik kepaniteraan maupun kesekretariatan.

Panitera dan Sekretaris PA Majene secara kompak dan mantap menyampaikan bahwa akan melaksanakan hasil temuan ini secara estafet mengingat batas kontrak kerja sampai tanggal 5 Maret 2019 dan optimis akan selesai sebelum jatuh tempo dan hasilnya akan segera dikirimkan ke PTA Makassar. (@zy)

Galeri Kegiatan


Aplikasi Inovasi Karya Tim IT PA-Majene

Data Form Collaboration (DAFORA)

DaforaData Form Collaboration (DAFORA) adalah Aplikasi Perantara antar 4 (empat) Instansi di Kabupaten Majene, yaitu Pengadian Agama Majene, Kementerian Agama Kabupaten Majene (KUA Se-Kabupaten Majene), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Majene
Tujuan dari Data Form Collaboration (DAFORA):
- Mempermudah Pertukaran Data Antar Instansi
- Menjaga Agar Data Antar Instansi Tetap Terjaga (Data tidak terpublikasi ke publik dan tidak menggunakan pihak ketiga)
- Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat
Selanjutnya...

Aplikasi Blangko Tambahan (ABT)

ABTABT bertujuan agar administrasi suatu perkara dapat lebih cepat terselesaikan sehingga sejalan dengan program Layanan Informasi One Day Publish dan One Day Minutation oleh Mahkamah Agung RI.

Aplikasi ABT ini mulai dikembangkan oleh Pengadilan Agama Majene dari tahun 2017 dan saat ini sudah diambil alih oleh Badan Peradilan Agama untuk dipakai seluruh satker-satker Pengadilan Agama lainnya.

Anjungan Panjar Perkara

Anjungan Panjar Perkara Pengadilan Agama Majene adalah aplikasi yang diresmikan pada tanggal 26 Februari 2019 yang bertujuan agar masyarakat dapat menghitung sendiri Estimasi Panjar Biaya yang akan dibayar untuk berperkara di Pengadilan Agama Majene.

Anjungan ini merupakan hasil kerjasama dengan BRI Cabang Majene dalam membantu Pengadilan Agama Majene melayani masyarakat demi terciptanya transparansi biaya perkara.

Antrian Sidang dan PTSP

Antrian PA-MajeneAplikasi Antrian Sidang dan PTSP telah dikembangkan Pengadilan Agama Majene sejak Tahun 2014, bertujuan agar proses persidangan lebih tertib dan Layanan pada PTSP Pengadilan Agama Majene lebih teratur dan nyaman.

Saat ini Pengadilan Agama Majene telah mengembangkan Layanan Antrian Secara Online dimana selain pihak dapat registrasi antrian secara online, pihak juga dapat mengetahui suasana ruang tunggu dan keadaan antrian yang berjalan.

Sistem Informasi Persuratan Pengadilan (SIMPEL)

Aplikasi Persuratan PA-MajeneAplikasi SIMPEL merupakan Aplikasi penginputan agenda persuratan baik surat masuk dan keluar secara digital, sehingga jika ada surat masuk dan keluar cukup membuka aplikasi tersebut termasuk mendisposisi surat cukup melalui aplikasi tersebut sehingga memudahkan tanpa perlu surat tersebut diantarkan keruangan Ketua atau keruangan pegawai yang bersangkutan. Aplikasi ini dikembangkan Pengadilan Agama Majene sejak Tahun 2017.

Dokumen Elektronik SIPP Pengadilan Agama (DESPA)

DespaAplikasi DESPA bertujuan untuk mengatur dan memonitoring Dokumen Elektronik (E-doc) yang diunggah di Aplikasi Perkara SIPP. Dikembangkan oleh Pengadilan Agama Majene sejak tahun 2013. Jadi apabila E-doc suatu perkara berstatus lengkap, maka pencarian berkas perkara tersebut jadi lebih cepat dan mudah, tanpa membongkar ruang arsip perkara lagi, hal ini akan berdampak pula pada Pelayanan Permintaan Informasi suatu Perkara yang lebih efisien.

Sistem Informasi Pos Bantuan Hukum

Aplikasi Persuratan PA-MajeneAplikasi SIBAKUM berfungsi untuk membantu Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dalam pembuatan surat gugatan atau permohonan, dimana data dari SIBAKUM terintegrasi ke Aplikasi Internal Pengadilan Agama Majene sehingga memudahkan dalam proses pembuatan BAS dan Putusan.

Mulai dikembangkan oleh Pengadilan Agama Majene pada Bulan Oktober Tahun 2020.

Aplikasi Notifikasi Perkara (ATIKA) DAN SMS Gateway

Pengadilan Agama Majene sejak tahun 2015 telah mengembangkan Aplikasi Layanan SMS yang sampai saat ini masih sangat aktif dalam memberikan informasi dan notifikasi perkembangan suatu perkara kepada pihak yang sudah terdaftar dan sementara berperkara pada Pengadilan Agama Majene.

Untuk format layanan SMS Pengadilan Agama Majene, bisa membuka TAUTAN INI.